15 Cara Menghemat Bahan Bakar

Meskipun harga bahan bakar terus mencapai rekor tertinggi, Anda dapat mengambil tindakan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar, menghemat energi, dan mengambil langkah-langkah untuk menghemat bahan bakar di kendaraan armada komersial. Kami berbicara dengan operator armada dan mengumpulkan 15 saran untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik dan praktik terbaik yang dapat Anda terapkan dalam armada Anda segera.

penghemat bbm

1. Hindari Pemalasan Panjang
Jarak tempuh terburuk yang bisa didapatkan kendaraan adalah nol mpg, yang terjadi saat idle. Pemalasan untuk jangka waktu yang lama, apakah di persimpangan kereta api atau menarik dari jalan untuk membuat panggilan ponsel, mengkonsumsi gas yang dapat disimpan hanya dengan mematikan mesin. Memulai ulang mesin menggunakan jumlah gas yang sama dengan pemalasan selama 30 detik. Saat pemalasan untuk waktu yang lebih lama, matikan mesin.

Namun, mematikan mesin dapat menonaktifkan fungsi kendaraan, termasuk fitur keselamatan seperti airbag. Pengemudi harus yakin untuk hanya menggunakan strategi ini dalam situasi di mana tidak ada kemungkinan tabrakan.

2. Bersihkan Trunk dan Hilangkan Berat yang Tidak Perlu
Kendaraan mendapatkan jarak tempuh yang jauh lebih baik ketika mereka tidak dimuat dengan berat yang tidak perlu. Setiap 200 pon berat tambahan memangkas satu mil dari efisiensi bahan bakar. Kebanyakan pengemudi mengumpulkan material di dalam koper kendaraan mereka, sebagian tidak diperlukan. Instruksikan driver untuk mengeluarkan semua barang yang tidak diperlukan dari kendaraan, seperti alat atau bahan yang tidak dibutuhkan.

3. Jaga agar Ban Meningkat Menjadi Tekanan Yang Tepat
Beli pengukur ban untuk driver Anda sehingga mereka dapat memastikan ban dipompa ke tingkat yang direkomendasikan produsen. Salah satu ban yang tidak terlindungi dapat memotong ekonomi bahan bakar sebesar 2% per pon tekanan di bawah tingkat inflasi yang tepat. Satu dari empat pengemudi, rata-rata, mengendarai kendaraan dengan satu atau lebih ban yang kempes. Ketika ban di bawah tekanan 4-5 psi di bawah tekanan ban yang direkomendasikan pabrikan, misalnya, konsumsi bahan bakar kendaraan meningkat sebesar 10% dan, dalam jangka panjang, menyebabkan penurunan 15 kali dalam kehidupan tapak ban. Periksa stiker doorpost kendaraan untuk tekanan ban minimum.

4. Jangan Beli Bahan Bakar Premium
Tahan dorongan untuk membeli gas oktan lebih tinggi untuk kinerja “premium”, kecuali kendaraan membutuhkannya. Oktan tidak ada hubungannya dengan kinerja bensin; itu hanya menunjukkan faktor volatilitas di ruang bakar. Kecuali manual pemilik kendaraan Anda secara khusus mengharuskannya, jangan gunakan bahan bakar premium. Biaya bahan bakar bisa dipotong sebanyak 10 sen per galon dengan menggunakan bahan bakar biasa, bukan premium.

5. Dorong Driver untuk Mengamati Batas Kecepatan yang Diposting
Kiat ini dapat menyelamatkan kehidupan dan juga bahan bakar. Environmental Protection Agency (EPA) memperkirakan peningkatan 10% hingga 15% dalam ekonomi bahan bakar dengan menggerakkan 55 mph bukannya 65 mph.

6. Belanja untuk Harga Bahan Bakar Terbaik
Periksa Web untuk penawaran bahan bakar terbaik. GasBuddy.com adalah jaringan lebih dari 179 situs web khusus kota dengan informasi harga gas yang diposting oleh pengguna. Jelajahi situs ini di BlackBerry atau PDA lain untuk menemukan gas murah saat bepergian.

penghemat bbm

Gunakan klub grosir atau toko grosir. Apakah perusahaan Anda memiliki keanggotaan bisnis ke rantai penyimpanan seperti Costco, Sam’s Club, atau BJ’s Wholesale Club? Klub-klub grosir ini biasanya menawarkan beberapa harga gas terendah di kota.

Kelemahannya adalah Anda mungkin menemukan garis di pompa dan biaya keanggotaan (biasanya $ 40 hingga $ 45) akan mengimbangi sebagian dari tabungan Anda jika yang Anda lakukan hanyalah membeli gas. Namun, jika Anda berbelanja di salah satu ini pula, atau Anda adalah pengguna gas berat, Anda masih dapat menemukan simpanan yang berharga klik di sini.

Pengecer diskon, misalnya, Wal-Mart dan Kmart, dan toko kelontong yang memiliki pompa juga sering mengenakan biaya kurang dari kompetisi untuk mendapatkan orang-orang di banyak mereka. Selain itu, tidak ada biaya keanggotaan yang diperlukan di pengecer diskon.

7. Membuat Energi Sadar Tenaga
Mirip dengan mematikan lampu di kamar kosong di rumah, pengemudi harus mempraktekkan kebiasaan konservasi energi di kendaraan mereka juga. Jika kendaraan memiliki komputer perjalanan, dorong pengemudi untuk menggunakan layar “ekonomi bahan bakar instan” untuk memperbaiki kebiasaan mengemudi.

8. Gunakan Penyejuk Udara Secara Hemat
Gunakan AC hanya bila diperlukan. AC menempatkan beban tambahan pada mesin, memaksa lebih banyak bahan bakar untuk digunakan. AC adalah salah satu saluran air terbesar pada tenaga mesin dan ekonomi bahan bakar. Ini dapat mengurangi konsumsi gas 5 hingga 20 persen, tergantung pada jenis kendaraan dan cara digerakkan. Jangan menggunakannya sebagai penggemar untuk sekadar mengedarkan udara. Jika terlalu panas untuk dipikul tanpa AC, jauhkan sekitar 72 derajat. Gunakan pengaturan ventilasi sebanyak mungkin.

Selain itu, parkir di tempat teduh meningkatkan ekonomi bahan bakar karena tidak banyak gas akan menguap ketika mobil keluar dari matahari. AC tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan interior.

9. Jadikan Kendaraan Anda Lebih Aerodinamis
Hambatan angin adalah sumber utama berkurangnya jarak tempuh bahan bakar, menyebabkan mesin bekerja lebih keras, sehingga mengurangi ekonomi bahan bakar.

Minimalkan hambatan angin dengan menjaga agar jendela digulung. Ini memungkinkan udara mengalir di atas tubuh, ketimbang menariknya ke dalam kabin dan memperlambat kendaraan. Jendela yang terbuka lebar, terutama pada kecepatan jalan raya, meningkatkan hambatan aerodinamis, yang dapat menyebabkan penurunan 10 persen dalam ekonomi bahan bakar. Jika Anda ingin udara segar, jalankan sistem iklim pada “udara luar” dan “curhat,” dan retak jendela untuk ventilasi tambahan.

Menurunkan tailgate pikap menciptakan turbulensi, menyebabkan hambatan angin dan truk yang hemat bahan bakar pada kecepatan jalan raya.

Dengan meninggalkan pintu bagasi, gelembung udara yang halus tercipta di tempat tidur.

10. Dorong Carpooling
Dorong carpooling melalui program insentif. Kemungkinan insentif termasuk parkir murah atau gratis, parkir pilihan, atau program hadiah seperti gambar hadiah.

Pengusaha dapat membantu karyawan membentuk carpool melalui organisasi rideshare, yang membantu calon carpooler mencari orang lain di dekatnya dengan jadwal yang sama. Kunjungi Rideshare-directory.com untuk program regional.

Jika Anda memiliki beberapa karyawan yang pergi ke lokasi kerja atau lokasi kerja yang sama, minta mereka mengambil satu kendaraan alih-alih mengemudi secara terpisah.

11. Antisipasi Arus Lalu Lintas
Antisipasi kondisi lalu lintas dan akselerasi dan perlambatan dengan lancar – ini lebih aman, menggunakan lebih sedikit gas, dan mengurangi keausan rem.

penghemat bbm

Dalam lalu lintas komuter berhenti-dan-pergi, lihat dua atau lebih kendaraan di depan saat Anda mengawasi pengemudi di depan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mempercepat dan mengurangi kecepatan secara bertahap.

Dengan mengantisipasi perubahan lampu lalu lintas, tanda berhenti yang akan datang, atau kebutuhan untuk memperlambat kurva, Anda dapat menghindari atau mengurangi penggunaan rem dan menghemat bensin dalam prosesnya. Seperti “jackrabbit start,” “jackrabbit stop” juga merupakan penyumbang utama untuk mengemudi yang tidak efisien.

untuk lebih menghemat bahan bakar anda juga dapat menggunakan penghemat bbm mobil

12. Hindari Kecepatan Uphill Meningkat
Saat mendaki bukit, mesin sudah bekerja keras untuk mengatasi gravitasi. Mendorongnya lebih keras dengan menginjak gas hanyalah membuang bahan bakar.

13. Gunakan Cruise Control selama Highway Driving
Perubahan yang tidak perlu dalam kecepatan adalah sia-sia. Penggunaan cruise control membantu meningkatkan ekonomi bahan bakar.

14. Hindari Mengemudi Agresif
Studi waktu menunjukkan bahwa memulai dengan cepat, menenun masuk dan keluar dari lalu lintas, dan mempercepat ke dan dari lampu berhenti tidak menghemat banyak waktu dan aus komponen seperti rem dan ban lebih cepat.

Cukup membatasi akselerasi cepat dan pengereman cepat dapat meningkatkan ekonomi bahan bakar. Saat berakselerasi, berpura-pura Anda memiliki telur segar di bawah kaki kanan Anda. Tekanan yang ringan dan stabil membantu meminimalkan jumlah bahan bakar yang dikonsumsi dan mempertahankan kecepatan yang lebih moderat dan stabil.

penghemat bbm

Dengan tidak mengemudi secara agresif, pengemudi dapat menghemat hingga 20% dalam ekonomi bahan bakar, menyarankan EPA.

15. Pantau Jadwal Perawatan Preventif
Perawatan yang tepat meningkatkan ekonomi bahan bakar kendaraan. Misalnya, roda yang tidak sejajar yang saling bertempur dengan bahan bakar limbah lainnya. Jaga filter udara bersih. Filter kotor menyumbat pasokan udara engine, menyebabkan rasio bahan bakar terhadap udara yang lebih tinggi dan dengan demikian meningkatkan konsumsi bensin. Gunakan minyak berkualitas baik, hemat energi (EC) dengan tingkat kekentalan yang konsisten dengan manual. Carilah botol yang ditandai dengan simbol ECII, yang merupakan American Society of Testing Materials (ASTM) logo untuk minyak yang hemat bahan bakar.